Friday, September 11, 2020

Fungsi dan Keunikan Organ Tubuh Rahim

Organ Tubuh Rahim

Fungsidan Keunikan Organ Tubuh Rahim - Rahim merupakan organ reproduksi wanita yang memiliki fungsi utama untuk proses memperbanyak keturunan dengan berbagai bentuk dan ukuran yang berbeda, ada yang berbentuk seperti buah pir dan ada yang juga yang seperti telur ayam. Bila dilihat secara anatomi maka rahim cukup unik karena terdiri dari dua cabang indung telur dan setiap bulan kedua indung telur secara bergantian memproduksi sel-sel telur dan bila tidak dibuahi maka wanita akan mengalami periode mensturasi dan bila dibuahi maka akan mengalami proses pembuahan, kehamilan, dan pada akhirnya menjadi tempat janin berkembang biak.

Berikut ini akan kami bagikan beberapa Fungsi dan Keunikan Organ Tubuh Rahim, yaitu :

Rahim dapat berkembang dengan sangat elastis dalam mengikuti perubahan ukuran jabang bayi yang semakin membesar pada masa kehamilan dan dapat mengecil sendiri setelah proses melahirkan.Rahim mampu menopang berat bayi sampai 2 - 4 kilogram, bahkan yang luar biasa mampu menopang bayi kembar 2,3 bahkan lebih.

Rahim secara otomatis akan memulai proses perasalinan apabila janin sudah berkembang dengan sempurna dan telah cukup umur untuk dilahirkan. dan indung telur serta kelenjar pituari akan memproduksi beberapa jenis hormon untuk memulai proses persalinan. Hormon-hormon inilah yang akan memberikan dukungan pada sistem reproduksi wanita saat menjalani proses persalinan.

Didalam rahim terdapat plasenta yang terbentuk saat embrio mulai berkembang dan berfungsi untuk mengantarkan nutrisi serta oksigen dari ibu kepada janin serta berfungsi juga sebagai jalan menghantarkan kekebalan tubuh ibu pada bayinya, sehingga bayi yang lahir nantinya memiliki ketahanan dan kekebalan terhadap berbagai penyakit yang berbahaya.

Plasenta memiliki fungsi yang sangat penting bagi manusia karena berdasarkan pada penemuan mutakhir di bidang teknologi kedokteran plasenta dapat menjadi bahan terapi yang sangat efektif untuk mengobati berbagai penyakit degeratif seperti diabetes, stroke dan penyakit jantung. dimana tingkat keparahan penyakit ini akan berkurang dengan teknologi stem sel dari plasenta. Saat ini di negara-negara maju terdapata bank plasenta yang merupakan tempat plasenta di bekukan dan disimpan dengan aman.

Selain plasenta terdapat juga air ketuban yang terbentuk dari plasma darah ibu, dan berfungsi sebagai pelindung janin dari organ pencernaan ibu yang juga berada di rongga perut. Dimana saat proses pencernaan makanan berlangsung dan menkan rahim, maka air ketuban yang berfungsi untuk menahah tekanan tersebut, sehingga posisi janin tetap stabil.

Air ketuban didalam rahim bisa mencapai jumlah 800 ml sampai usia kehamilan memasuki minggu ke-28, air ketuban akan dihisap oleh bayi sampai ke dalam paru-parunya, sehingga keberadaan air ketuban yang stabil sangat penting bagi perkembangan paru-paru janin. Dan salah satu ciri-ciri dari proses persalinan sudah dimulai adalah bila air ketuban sudah pecah.

Ukuran rahim yang mengalami perkembangan juga mempengaruhi ukuran payudara. Pada saat masa kehamilan jumlah darah seorang calon ibu akan meningkat sampai dengan 50%, sehingga sangat rawan mengalami hipertensi, namun pada saat proses kelahiran terjadi maka jumlah darah bisa hilang dalam jumlah yang sangat besar.

Kesehatan rahim merupakan penentu utama kesehatan janin dan normalnya proses kehamilan dan kelahiran, bila seorang wanita memiliki rahim yang tidak dalam kondisi sehat maka dapat mengakibatkan gangguan proses kehamilan bahkan kegagalan proses kehamilan.Rahim terdiri dari bagi dalam dan luar, yaitu :

Bagian dalam rahim

  • Vagina sebagai tempat jalan lahir, tempat berhubungan seksual dan saluran mengeluarkan darah atau lendir pada saat dimasa haid.
  • Uterus adalah organ berongga yang berbentuk mirip buah pir dan tempat berkembangnya janin
  • Tiba adalah organ yang menghubungkan antara  rahim dan indung telur (ovarium)
  • Ovarium adalah sebuah kelenjar reproduksi wanita yang berfungsi untuk menghasilan sel telur (ovum).

Bagian dalam rahim

  • Mons veneris merupakan bagian yang agak menonjol keluar dan menutupi tulang kemaluan
  • Labia Mayora adalah bibir kemaluan wanita yang merupakan kelanjutan dari Mons veneris dengan bentuk lonjong
  • Klitoris merupakan organ yang bersifat sangat sensitis akan rangsangat saat berhubungan intim dan terletak diantara dua labia minora
  • Vestibulum merupakan rogga kemaluan yang dibatasi oleh labia manora pada sisi kiri dan kanan
  • Selaput dara atau himen merupakan membrane tipis yang menutupi lubang vagina, himen sangat mudah robek dan seringkali menjadi salah satu faktor untuk menilai keperawanan wanita.

Demikianlah tadi diantaranya beberapa Fungsi dan Keunikan Organ TubuhRahim. Semoga dapat dapat menjdai referensi informasi yang bermanfaat tentunya.

No comments:

Post a Comment